Kamis, 17 Agustus 2017

ABSTRAK


Haeruddin. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Product Untuk Meningkatkan Aktivitas, dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI AL- Khaeriyah Barru Kabupaten Barru. (Dibimbing oleh Yusminah Hala dan Muhammad Danial).

   
Sejak Kurikulum Berbasis Kompetensi di ganti dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dikenal istilah IPA terpadu dan Saling temas (sains lingkungan teknologi dan masyarakat). IPA di SMP semula terdiri dari Fisika dan Biologi dengan dua guru yang berbeda,sedangkan di SD atau MI hanya dikenal dengan Mata Pelajaran IPA dimana mata pelajaran Biologi dan Fisika di satukan menjadi satu mata pelajaran yaitu IPA.  Setelah KTSP menjadi Sains dengan satu guru. Pembelajaran yang memadukan tema Fisika dan Biologi dikenal dengan IPA terpadu.

      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar IPA siswa kelas V MI. Al- Khaeriyah Barru Kabupaten Barru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dalam du siklus   dengan   menggunaka model pembelajaran kooperatif  tipe Team Product. Subjek penelitian adalah  siswa  kelas V MI. Al- Khaeriyah Barru Kabupaten Barru pada semesteganjil  tahun  pelajaran  2016/2017 yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data siswa dilakukan dengan menggunakan angket data aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas dan data hasil belajar diperoleh menggunakan tes hasil belajar siklus I dan Siklus II dalam bentuk pilihan ganda. Teknik   analisis   data   menggunaka analisis   deskriptif  kuantitatif.
       Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada peningkatan aktivitas belajar siswa, nilai rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79 % menjadi 92,5% pada siklus II. (2) Terjadi Peningkatan hasil belajar pada siklus  I dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%.pencapaian nilai KKM. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Product dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar IPA siswa kelas V MI. Al- Khaeriyah Barru Kabupaten Barru.


Kata kunci:  Kooperatif Team Product, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda