Rabu, 25 Januari 2017

RPP KELAS V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Madrasah           :   MI. Al- Khaeriyah
Mata Pelajaran            :   IPA / SAINS
Materi Pokok                :   Energi dan Perubahannya
Kelas/Semester             :   V/ 2
Pertemuan                    :    1
Waktu                           :   3 x 35 menit

Standar Kompetensi   :
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

Ø Kompetensi Dasar
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
v  Indikator
o  Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o  Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.

Ø Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o   Siswa dapat Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.

& Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
Ø Materi Essensial
Gaya magnet
o   Magnet menarik benda-benda tertentu
o   Kekuatan gaya magnet
o   Magnet meiliki dua kutub
o   Magnet meiliki dua kutub
o   Kegunaan magnet
o   Membuat magnet
Ø Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Tiga serangkai, BSE, Yudhistira , Erlangg dan Relevan Kelas V
o   Sebuah magnet, peniti, paku payung, klip kertas dari besi, saputangan, kertas, karet penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, selembar mika, kardus, pensil, benang tipis, penggaris
§   Metode       :      Ceramah dan praktek

Ø Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& jEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F  Memahami istilah magnet
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Melakukan kegiatan praktek
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(90 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa
-       Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam tertentu
-       Gaya magnetis dapat menembus benda non magnetis
-       Kekuatan gaya tarik magnet dipengaruhi oleh ketebalan benda dan jarak magnet dengan benda non magnetik


(10 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
1.      Pintu dan badan lemari es dilapisi dengan bantalan plastik atau karet. Mengapa pintu dan badan lemari es tetap bisa tarik-menarik?
Ø  Jawab . karena Kekuatan gaya magnet dapat menembus benda-benda plastik atau karet.

S.Binangae,

Mengetahui
Pengawas Pend. Madrasah Kec. Barru                         Guru Mata pelajaran IPA/Sains



H. AHSAN, S.Ag, M.PdI                                            HAERUDDIN, S. PdI, S. Pd

NIP.19710914 199703 1 002                                      NIP.19770203 200501 1 006

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda