RPP KELAS V
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Madrasah : MI. Al- Khaeriyah
Mata
Pelajaran : IPA / SAINS
Materi
Pokok : Energi dan Perubahannya
Kelas/Semester : V/
2
Pertemuan : 1
Waktu : 3 x 35 menit
Standar
Kompetensi :
5.
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
Ø Kompetensi
Dasar
5.1 Mendeskripsikan
hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya
gesek, gaya magnet)
v
Indikator
o Mengelompokkan benda-benda yang
bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o Menunjukkan kekuatan gaya magnet
dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
Ø Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa
dapat Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak
magnetis.
o
Siswa
dapat Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui
percobaan.
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
Ø Materi
Essensial
Gaya magnet
o
Magnet
menarik benda-benda tertentu
o
Kekuatan
gaya magnet
o
Magnet
meiliki dua kutub
o
Magnet
meiliki dua kutub
o
Kegunaan
magnet
o
Membuat
magnet
Ø Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Tiga serangkai, BSE, Yudhistira ,
Erlangg dan Relevan Kelas V
o
Sebuah
magnet, peniti, paku payung, klip kertas dari besi, saputangan, kertas, karet
penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, selembar mika,
kardus, pensil, benang tipis, penggaris
§ Metode : Ceramah dan praktek
Ø Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan
ke-1
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o Menyampaikan Indikator
Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
&
jEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Siswa dapat Memahami peta
konsep tentang gaya magnet
F Memahami istilah magnet
F Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan praktek
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(90 menit)
|
o Memberikan kesimpulan bahwa
- Magnet dapat menarik
benda-benda yang terbuat dari logam tertentu
- Gaya magnetis dapat menembus
benda non magnetis
- Kekuatan gaya tarik magnet
dipengaruhi oleh ketebalan benda dan jarak magnet dengan benda non magnetik
|
(10 menit)
|
1.
Pintu
dan badan lemari es dilapisi dengan bantalan plastik atau karet. Mengapa
pintu dan badan lemari es tetap bisa tarik-menarik?
Ø
Jawab . karena
Kekuatan gaya magnet dapat menembus benda-benda plastik atau karet.
|
S.Binangae,
Mengetahui
Pengawas Pend.
Madrasah Kec. Barru Guru
Mata pelajaran IPA/Sains
H. AHSAN, S.Ag, M.PdI HAERUDDIN, S. PdI, S. Pd
NIP.19710914 199703
1 002 NIP.19770203
200501 1 006
Label: ADMIN GURU
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda